Jumat, 06 Februari 2009

Grammar Arab

Sejak 25 Jan kemarin aku, 2 adikku, & 2 orang tetangga ikut kursus bahasa Arab. Pesertanya dari berbagai macam kalangan. Minimal SMU, ada dokter, ibu rumah tangga, guru tk, mahasiswa & kebanyakan karyawan, bahkan ada satu bapak yang umurnya sekitar 70-an gitu deh.

Yang dipelajari khusus grammar nya aja, ga ada sesi conversation nya. Karena menurut mereka kurang efektif kalo reading, writing, listening & speaking dijadikan dalam satu paket pembelajaran. Memang iya sih, setelah 2 kali pertemuan ini, aku rasakan jauh lebih efektif kalo metodenya seperti itu.

Jadi setiap Ahad jam 7 pagi kita udah berangkat menuju Bekasi Barat. Jauh ya rek Ciracas – Bekasi. Hehe ini semua berkat dukungan ortu. Kalo gak disempet-sempetin ikut kursus itu dari sekarang, hadoooohh entah kapan lagi kesempatan & kemauan itu akan datang.
Jadi kalo bisa lulus sampai level 3, insya Allah sudah lancar membaca kitab Arab gundul.

Kursus dimulai jam 8 – 12 siang. Level I ada 8 kali pertemuan, Level II juga 8, Level III juga 8. Kalo gak lulus harus ngulang lagi level sebelumnya. Mudah-mudahan aku & adik-adik bisa lulus tepat pada waktunya & semua level bisa dilalui dengan baik. Aku bener-bener ngejar waktu karena Juni akan menikah, ya mudah-mudahan sebelum nikah, kursus ini bisa dilewati sampai selesai.

Udah gitu, desain buku paketnya cukup menarik. Tadinya kebayang bakalan amat sederhana gitu, eh ternyata warna & desainnya dibuat sederhana tapi indah dipandang mata, alias ga dibikin dengan asal-asalan. Kalo materinya sendiri sih udah jelas dibuat dengan perencanaan yang matang. Kita sampe dapet daftar kurikulumnya juga, jadi setiap minggu kita udah tau apa yang akan dibahas.

Alhamdulillah waktu belajarnya juga tepat, ga ada pengajarnya yang telat sama sekali. Biaya kursus ini juga terbilang murah. Ruang belajarnya juga pake AC.

Murah, sederhana, tidak asal-asalan dan dibuat dengan perencanaan yang matang.

Mudah-mudahan ilmu yang ku pelajari ini bisa aku salurkan lagi ke orang lain. Yang lebih enaknya lagi, abahku bisa jelasin ulang kalo seandainya ada yang kurang jelas, yup belio udah lama paham grammar Arab ini.

Uniknya, di saat yang bersamaan, sahabat-sahabat ku, Wulan sedang perdalam lagi kemampuan bahasa Inggrisnya di Depok dan Venan sedang sibuk-sibuknya belajar bahasa Kanji di universitas Kumamoto, Jepang.

1 komentar:

  1. hi din,aku ngisi SB mu nda bisa.Isi sini aj adeh...gmn lanjutan kursus bhs arab mu?tmn ku ada yg tanya ttg guru kursus bhs Arab,dia mau ke Saudi akhir thn..Eh Din,kamu di Depok jg ya???

    BalasHapus

Harus Masukkan URL anda !!!